Solusi Saham

SELAMAT DATANG DI SOLUSISAHAM SANGAT SENANG JIKA DAPAT MEMBANTU ANDA , SEMUA YANG DATANG SEBAGAI TAMU AKAN TINGGAL SELAYAKNYA SAUDARA

ARTIKEL

Wednesday 28 August 2019

HASIL PUBEX WASKITA KARYA tbk ( WSKT ) 2019

HASIL PUBEX 2019
Waskita Karya (WSKT)
----------------------------------

1.  WSKT bergerak di bisnis berikut ini:

UPSTREAM =>       
a. Waskita Toll Road (WTR) => memiliki 18 ruas jalan tol di Jawa dan Sumatera
b. Waskita Karya Realty => fokus bgn hotel, apartment, kantor, mixed use
c. Waskita Karya Infrastruktur => pembangkit tenaga listrik, pengelolaan air, dll*

MIDSTREAM => Konstruksi bandara, pelabuhan, Jalan raya, Rel kereta api, Jembatan, Gedung,          Powerplant, dll

DOWNSTREAM => Waskita Beton Precast (WSBP) => produksi beton kualitas tinggi

2.  Nilai kontrak baru WSKT per 1H19 Rp 8.402 Tr (tumbuh +9.8% YoY). Dimana 53.8% dari pengembangan bisnis (proyek dari anak usaha Perseroan dan proyek yang ditunjuk lgs melalui Peraturan Presiden), 27,84% dari BUMN/BUMD, dan 17%an proyek dari Pemerintah.

3.  Waskita Toll Road (WTR) sebelumnya dimiliki oleh WSKT sekitar 99.9%, tapi skrg sudah berubah porsinya jadi 79.88% dimiliki oleh WSKT, 11.05% dimiliki oleh PT SMI dan 9.07% dimiliki oleh PT Taspen. Dari 18 ruas jalan tol yang dimiliki, 11 top sudah beroperasi (10 ruas tol di Jawa dan 1 ruas tol di Sumatra).

4.  Yang di highlight oleh manajemen: 
Waskita memang rata2 besar di bisnis tol. Mereka adalah developer jalan tol, jadi mereka yang bangun setelah jadi dijual kembali utk dapat gain. Akan tetapi ada sebagian konsesi jalan tol yang mereka hold untuk dijadikan recurring income (hitung dari traffic dikali dengan tariff jln tol).
Tahun ini, Perseroan akan divestasi 5 ruas tol (minimal 4 ruas tol). => 3 ruas masih dalam proses dan target selesai di 2H19, sedangkan 2 ruas lagi masih dalam valuasi karena menunggu kebijakan penurunan tariff oleh Pemerintah.

Akan tetapi, divestasi ini tidak akan berdampak terlalu besar ke laporan konsolidasi WSKT karena kepemilikan WSKT di 2 ruas tol ini minimal dan 3 ruas tol sudah di RDPT sehingga memang tidak masuk ke konsolidasi laporan keuangan. Keuntungannya hanya cost th dpn hingga 5 tahun ke depan akan berkurang.

Akan tetapi untuk jangka waktu yang lebih panjang, sebenarnya yang telah disetujui untuk didivestasi ada 9 ruas tol, dan ada 6 ruas tol yang sedang dalam pembicaraan dengan investor.

Hal yang di highlight selanjutnya: bisnis toll ini sebenarnya sudah masuk ke tahap maturity, sebelum masuk dalam tahap declining, Perseroan memiliki strategi untuk masuk ke bisnis baru seperti mass transportation, pembangkit listrik tenaga sampah, jaringan pipa gas, dan railway.

5.  Katalis ke depan: 
a. Pemindahan Ibukota yang Baru => ada 1 jalan tol yang dimiliki WSKT di dkt daerah yang potensi dijadikan Ibukota baru.

b. Waskita Realty sedang kembangkan landbankdi Cibitung, Jawa Barat dengan target 350 Ha dan saat ini sudah akuisisi sekitar 130 Ha. Ini akan dijadikan proyek Mixed Used dan lahan ini dekat dengan tol Cibitung-Cilincing yang dimiliki Perseroan. => ini kerjasama dengan Moderland. (Waskita Realty 60%, Moderland  40%).

 c. Perseroan berencana buat RDPT tapi direct investment (untuk tol Becakkayu) => target tahun depan.*

No comments: