Solusi Saham

SELAMAT DATANG DI SOLUSISAHAM SANGAT SENANG JIKA DAPAT MEMBANTU ANDA , SEMUA YANG DATANG SEBAGAI TAMU AKAN TINGGAL SELAYAKNYA SAUDARA

ARTIKEL

Wednesday 13 October 2010

IHSG KITA

Perusahaan investasi asing akan pakai IHSG jadi acuan

Oleh: Wisnu Wijaya

SINGAPURA: Tiga perusahaan pengelola portofolio asing berminat menggunakan indeks harga saham gabungan (IHSG) dan indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai acuan dalam berinvestasi.

Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan tiga perusahaan pengelola dana itu adalah Daiwa Securities, Enhanced Investment Products (EIP) dari Hong Kong, dan Mitsubishi Asset Management.

"Kami sudah menandatangani perjanjian dengan Daiwa Securities 2 minggu lalu. Mereka menggunakan indeks LQ-45 sebagai benchmark dalam mengelola portofolionya," tuturnya sebelum konferensi bertema Best of Indonesia 2010 di Singapura pagi ini.

Menurut dia, EIP dan Mitsubishi dalam tahap pembicaraan untuk menggunakan IHSG atau LQ-45 sebagai acuan dalam kinerja investasinya.

Ketika disinggung mengenai fee yang diterima oleh BEI, Friderica mengatakan besarannya menggunakan satuan basis points. "Lumayanlah fee-nya," katanya.

EIP didirikan pada 2002 oleh bekas tim perdagangan prorietary Jardine Fleming yang kemudian berubah nama menjadi JP Morgan. EIP adalah butik manajemem investasi yang menawarkan peluang berinvestasi di bursa emerging di Asia.

Selain itu, enam bursa efek di negara-negara Asia Tenggara dalam waktu dekat meluncurkan situs yang bernama Asean Stars. Pada situs itu, setiap bursa efek dari negara tersebut menampilkan 30 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar dan likuditas pasar yang tinggi. "BEI sudah memilih 30 emiten yang akan masuk Asean Stars," ujarnya.

No comments: